Rabu, 25 Juli 2012

HOPLITE tentara tangguh dari jaman yunani kuno


Hoplite adalah penduduk yang dipersenjatai untuk mempertahankan kotanya, tapi lama kelamaan dibuatlah pelatihan penduduk itu untuk menjadi prajurit tombak yang tangguh. Hoplite akhirnya menjadi tentara elit dari kota-kota besar di yunani seperti Athena dan Sparta yang bersaing untuk mendapatkan pengaruh di daratan yunani, Hoplites juga digunakan Alexander the great dalam penaklukannya ke daratan asia.



Persenjataan hoplites

Hoplites dipersenjatai dengan tombak doru atau tombak pendek sepanjang 2 meter dan tombak sarrisa yang panjangnya berkisar antara 4 sampai 7 meter, dengan formasi phalanx yaitu formasi rapat dengan tombak panjang yang siap menghancurkan segala serangan kavaleri atau infanteri dari depan formasi tapi, kelemahan dari formasi ini yaitu mudah diserang dari samping dan belakang. Selanjutnya ada perisai hoplites yang besar yaitu Aspis perisai dari abad  5 AD yang terbuat dari kayu dan perunggu, biasanya memiliki gambar dan ciri dari masing-masing kota atau keunikan dari masing-masing tentara, perisai ini digunakan dalam memperkokoh barisan formasi Phalanx.

Selain perisai dan tombak Hoplites juga dipersenjatai dengan baju perang khas yunani yang dibuat dari perunggu dan berbobot lebih dari 10 kg, juga pelindung lutut dan sepatu yang kadang-kadang terbuat dari perunggu.

  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar